RAKYAT.NEWS, MOROWALI – PT Vale berhasi menunjukkan perkembangan positif, baik yang tercapai dalam konstruksi, area mining, pelabuhan, sedimen pond, infrastruktur jalan, serta persemaian untuk reklamasi dan rehabilitasi area penambangan.

“Maju bersama merupakan fokus utama kami dalam menjalankan operasi di seluruh area operasional PT Vale termasuk di site Morowali, dan kami yakin semua pihak akan merasakan dampak positif dari kemajuan kita bersama ini,” kata Director of Mine Project IGP Morowali, Wafir.

Wafir menegaskan, perusahaan harus terus bertumbuh seiring dengan keinginan masyarakat. Seluruh proses perusahaan PT Vale di Morowali mengusung komitmen keberlanjutan dengan mempertimbangkan faktor lingkungan, sosial, keamanan, dan kesesuaian dengan Peraturan Daerah (Perda) maupun pusat dalam pengambilan keputusan operasi konstruksi perusahaan.

“Kami terus berkomitmen dan berusaha membawa praktik pertambangan berkelanjutan di Sorowako ke Morowali,” ucapnya.

Menurutnya, kemajuan positif tersebut ada karena dukungan dan kerja sama dari Pemerintah Daerah Morowali, Forkopimda, Kecamatan, Desa, Kepolisian, TNI, seluruh unsur ormas, juga masyarakat yang ada di Morowali, terutama yang berada di area pemberdayaan PT Vale.

Wafir berharap, hadirnya PT Vale akan selalu membawa manfaat besar bagi masyarakat dan daerah.

“Besar harapan kami, dukungan terus diperoleh hingga memasuki masa operasional kelak. Dengan itu, mari kita bersama-sama menghormati lingkungan, dan mendorong segala upaya baik untuk kemakmuran kita bersama,” katanya.

“Kehadiran PT Vale, banyak memberikan dampak positif bagi kita, terutama untuk 13 desa pemberdayaannya. Mulai dari mengembangkan UMKM masing-masing desa, hingga pembangunan infrastruktur yang masih terus berjalan,” kata
Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kabupaten Morowali, Abdul Malik Hafid.

Dia berharap seluruh masyarakat terus mendukung program-program PT Vale di Kabupaten Morowali. “Keberhasilan PT Vale merupakan keberhasilan daerah kita,” pungkasnya.