RAKYAT.NEWS, SELAYARPT PLN (Persero) melalui Rumah BUMN Selayar ikut serta dalam Expo UMKM dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 di Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kegiatan yang berlangsung di Lapangan Pemuda Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar pada tanggal 9-15 September 2024, terjadi peningkatan omzet signifikan bagi para pelaku UMKM yang turut serta, termasuk UMKM binaan Rumah BUMN Selayar.

Booth Rumah BUMN Selayar yang dikelola oleh PLN mendapat tanggapan positif dari pengunjung sehingga berhasil memperkenalkan produk lokal kepada masyarakat domestik maupun tamu mancanegara.

Selama tujuh hari kegiatan berlangsung, omzet penjualan mitra binaan Rumah BUMN PLN Selayar mencapai Rp 40 juta. Berbagai produk unggulan dari Rumah BUMN Selayar dipamerkan, termasuk Terasi To Riolo, Abon Ikan, Ikan Asin Sulfiana, Minyak VCO, Madu Asli Selayar (MAS), Aneka Keripik, Aneka Kerajinan dari Gerai Al-Birru, gantungan kunci Everisfine, serta olahan kenari seperti Bolu Gulung Queennary, Brownies Captain Sweet, Tenteng Kenari, dan RBH Pia.

Patta Nawang, pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Selayar yang memiliki produk Terasi To Riolo, mengungkapkan kebahagiannya atas ajang ini karena dapat mempromosikan produknya secara lebih luas.

“Saya bersyukur telah bergabung dengan Rumah BUMN PLN Selayar karena dapat membantu meningkatkan kegiatan usaha saya dalam banyak hal, terutama dalam hal pemasaran. Terkhusus untuk penjualan di kegiatan Harkopnas, sekitar lebih dari 1.000 botol berhasil kami pasarkan mulai dari ukuran kecil hingga botol besar,” kata Patta Nawang.

Patta Nawang berharap adanya kegiatan serupa di masa depan yang dapat membantu para UMKM untuk memasarkan produk ke pasar yang lebih besar.

Sementara itu General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Budiono, menyatakan bahwa Rumah BUMN Selayar terus mendukung UMKM binaannya agar aktif dalam memasarkan produknya melalui berbagai pameran.

“Keikutsertaan Rumah BUMN Selayar dalam kegiatan seperti Expo UMKM dalam rangka Harkopnas ke-77 ini menunjukkan bahwa PLN konsisten dalam mendorong UMKM semakin maju serta menjadi penggerak perekonomian masyarakat,” ujar Budiono.

Budiono  yakin, bahwa kegiatan ini dapat memberikan semangat kepada para pelaku UMKM, khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar, untuk terus memperluas pemasaran produknya melalui pameran lokal maupun nasional, agar produk UMKM Selayar bisa dikenal lebih luas dan bersaing di pasar nasional serta internasional.