RAKYAT.NEWS, MAKASSARBea Cukai Makassar sedang aktif dalam Program Bantuan Ekspor, bekerja sama dengan Bank Mandiri Wilayah X Sulawesi dan Maluku untuk acara Cerita Ekspor “Next Level” edisi September 2024 yang membahas “Strategi Ekspor dan Logistik untuk Komoditas Perkebunan dan Holtikultura beserta Regulasinya”.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong pelaku UMKM agar bisa Go Export, acara ini dilaksanakan di Mandiri Export House (Bank Mandiri) Makassar, Selasa (24/09/24).

Acara ini berupa Talkshow yang menghadirkan narasumber yang berkualitas dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan, PT POS Logistik Indonesia Kantor Regional Sulawesi dan Indonesia Timur, serta Eksportir Komoditas Pala CV Aflaha Coconut Mandiri. Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta UMKM yang antusias mendaftar dan mengikuti kegiatan hingga selesai.

Ria Novika Sari, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Makassar, sebagai moderator menyampaikan,

“Program Cerita Ekspor ini sebagai salah satu upaya yang dapat di manfaatkan sebagai wadah untuk konsultasi, sharing strategi dan menemukan solusi atas kendala yang dihadapi, sehingga UMKM mampu memiliki daya saing di Pasar Internasional dengan dukungan berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun swasta terkait,” katanya.

“Salah satu cara meningkatkan daya saing ini yaitu dengan menjaga kualitas produk tidak hanya di hilir saja, pemerintah juga memiliki berbagai program untuk peningkatan kualitas sejak di hulu,” lanjutnya.

Muhammad Syarifuddin Sideng, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan memaparkan tentang Potensi Lahan Pertanian di Provinsi Sulawesi Selatan serta tantangan komoditas Perkebunan dan daya saing 5 Produk unggulan Perkebunan Sulawesi Selatan di pasar Internasional.