Selain periksa pinggiran produk, melihat dompet asli bisa dilakukan dengan melihat label produk. Perbedaannya pada tulisan genuine leather sebagai kulit asli, sedangkan man made material adalah kulit sintetis.

3.     Mencium aroma dompet

Ada perbedaan pada aroma yang dihasilkan melalui dompet produksi kulit asli atau sintetis. Aroma yang dihasilkan pada kulit sintetis memiliki bau kimia atau karet yang dihasilkan dari pembuatannya.

Pada dompet kulit asli, Anda akan merasakan aroma asli yang sulit ditiru. Selain bau karet, terkadang kulit sintetis memiliki aroma plastik. Berbeda dengan bau khas dari kulit asli.

4.     Gunakan api

Cara mengetahui kulit sintetis dan asli bisa diketahui dengan menggunakan api. Tetapi perlu diingat untuk percobaan ini bisa berbahaya dan dapat merugikan jika belum pernah mencobanya. Gunakan ujung dompet yang sangat kecil agar tidak menyebar kemanapun.

Pada kulit asli yang terbakar mengeluarkan aroma layaknya rambut terbakar. Sedangkan pada kulit sintetis aroma yang dikeluarkan layaknya pembakaran plastik. Jika dompet terbuat dari kulit sintetis bisa mudah terbakar, maka hanya bisa mencoba 5 sampai 10 detik agar tidak membakar seluruh bagian dompet.

5.     Gunakan air

Selain menggunakan api, mengecek dompet kulit asli atau sintetis bisa mencoba dengan tes menggunakan air. Biasanya kulit asli memiliki kemampuan untuk menyerap air, berbeda dengan kulit sintetis yang sulit untuk menyerap air.

Sehingga dalam menggunakan air pada percobaannya, bisa diperlihatkan apakah dompet bisa menyerap air atau tidak. Tetapi kekurangan pada tes ini adalah bercak yang dihasilkan pada kulit asli bisa terlihat walaupun dapat hilang.

6.     Ditekuk

Jika ingin melihat perbedaan dompet dengan kulit sintetis atau asli bisa dilakukan dengan cara menekuknya. Cobalah untuk tekuk permukaan seperti bentuk tanda tambah. Sehingga bisa memperlihatkan bekas pada bagian tersebut.