RAKYAT.NEWS, JAKARTA – TikTok membeberkan alasan menggandeng Tokopedia adalah adanya kesamaan visi misi yang sama dalam memajukan UMKM lokal. “Karena kami punya visi dan misi yang sama untuk menjunjung tinggi produk lokal, UMKM lokal dan kreator-kreator di Indonesia,” kata Direktur Eksekutif E-commerce TikTok, Stephanie Susilo di Tokopedi Tower, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Kendati demikian TikTok enggan menjelaskan lebih lanjut soal kerja sama tersebut, termasuk soal transaksi jual beli. Stephanie mengatakan saat ini TikTok dan Tokopedia masih melakukan uji coba.

“Kita akan terus kerja sama dengan Tokopedia seterusnya. Ke depannya akan kami update,” katanya.

TikTok Shop resmi kembali buka pada Selasa (12/12/2023) ini setelah resmi bermitra dengan Tokopedia. Dalam pernyataan resmi bersama yang dirilis pada Senin (11/12/2023) kemarin, melalui kemitraan yang baru terjalin, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.

Selain itu, fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

“Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas),” ujar mereka.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) yang dimintai tanggapannya atas kongsi itu mengatakan bahwa pihaknya pada dasarnya tak keberatan dengan kerja sama itu.

Namun, demi memastikan bahwa kerja sama tak merugikan, pihaknya memberikan waktu selama empat bulan bagi TikTok dan Tokopedia untuk uji coba kerja sama.

Setelah itu, Kementerian Perdagangan akan melakukan audit. “Ini kan teknologinya tinggi, perlu tiga sampai empat bulan mereka semacam percobaan, trial and error. Dan diminta juga utamakan produk-produk lokal. Nanti hasil kerja sama itu seperti apa, kita nilai,” kata Zulhas.