RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Hashim Djojohadikusumo, Adik dari Presiden Prabowo Subianto, mengungkapkan bahwa Mantan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, akan segera diangkat menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Hashim mengungkapkan, bahwa penunjukan ini merupakan bukti keseriusan Prabowo dalam melanjutkan pembangunan IKN setelah kepemimpinan Jokowi berakhir.

“Komitmen tetap. Kalau tidak salah Pak Basuki Hadimuljono, mantan Menteri PUPR ditunjuk sebagai Kepala Otorita. Ya so lanjut jadi Kepala Otorita yang juga setara dengan Menteri. So dia rank-nya setara dengan Menteri,” ujar Hashim di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2024) mengutip CNNIndonesia.

Rencana penunjukan Basuki sebagai kepala OIKN mulai mencuat setelah Mantan Menteri PUPR di era Jokowi tersebut menyatakan bahwa ia diminta untuk menjabat sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam pekan sebelumnya.

“Saya bukan mau mendahului, tapi menurut Setneg dan Pak Jokowi saya di OIKN,” katanya di kantor Kementerian PUPR, Senin (21/10).

“Sekarang sedang diurus bapak-bapak Setneg,” terangnya.

Mantan Pelaksana Tugas Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Raja Juli Antoni, mengakui bahwa sejumlah pihak telah mengusulkan agar Basuki Hadimuljono menjadi Kepala Otorita IKN yang baru.

Toni menyampaikan, bahwa harapan tersebut kepada Jokowi sebelum pergantian pemerintahan, namun keputusan akhir ada di tangan Presiden Prabowo Subianto.

“Ada masukan dan harapan, disampaikan juga kepada mantan Presiden Joko Widodo, agar Pak Basuki dapat meneruskan sebagai Kepala Otorita OIKN definitif. Tapi sekali lagi tentu semuanya adalah otoritas hak prerogatif Pak Presiden (Prabowo),” kata Toni di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10).