RAKYAT.NEWS, NUSANTARA – Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono, mengatakan jika OIKN membutuhkan anggaran tahun 2025 sebesar Rp 26 triliun.

Basuki mengungkapkan, bahwa nominal tersebut nantinya akan dipakai untuk memelihara infrastruktur yang telah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“OIKN kita serahin untuk memelihara, bangunan yang sudah kita bangun tahun ini, jalan, air minum, kantor-kantor, hunian 47 tower itu akan kami serahkan untuk dioperasikan oleh OIKN,” kata Basuki dilansir dari KOMPAS.com, Kamis (23/8/2024).

Menurut Basuki, Kementerian PUPR bertanggung jawab atas pembangunan infrastruktur dasar IKN dan tugas pengelolaannya akan dialihkan ke OIKN.

“Termasuk membangun bagian yang harus dibangun OIKN,” pungkas Basuki.

Sebagian dari dana anggaran OIKN pada tahun 2025 akan digunakan untuk membangun infrastruktur yang merupakan tanggung jawab OIKN.

Sementara itu, alokasi anggaran yang termasuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2025 untuk IKN hanya sebesar Rp 143,1 miliar. Informasi ini dapat ditemukan dalam Buku II Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk Tahun Anggaran 2025.