RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga telah menegaskan komitmennya untuk mendukung distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi yang tepat sasaran. Salah satunya adalah melalui penggunaan QR Code untuk pendataan pengguna BBM Bersubsidi.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, mengungkapkan bahwa hingga akhir Agustus 2024, jumlah pendaftar QR Code telah mencapai 4.032.790 orang atau pendaftar.
“Per akhir Agustus 4.032.790,” kata Heppy dikutip dari Kumparan, Minggu (1/9/2024).
QR Code yang digunakan, kata Heppy, telah terhubung dengan web www.subsiditepat.mypertamina.id. Di sana, masyarakat bisa mendaftar sebagai pengguna BBM Subsidi khusus Pertalite.
Pendaftaran QR Code Pertalite dilakukan bertahap khusus untuk mobil roda 4. Saat ini fokus pendaftaran di Jawa, Madura, Bali (JAMALI), dan sebagian wilayah lainnya.
“Diharapkan tahap 1 bisa tercapai 100 persen pada akhir September 2024. Sisanya akan dilakukan tahap kedua rencana paling cepat bulan Oktober-November 2024,” jelasnya.
Heppy juga mendorong masyarakat yang ingin terus menggunakan BBM Subsidi untuk mendaftar.
“Bagi Masyarakat pengguna Pertalite yang belum melakukan pendaftaran, diharapkan segera melakukannya untuk memastikan akses subsidi BBM yang tepat sasaran,” imbuhnya.
Dalam pendaftaran, masyarakat hanya perlu mengunggah dokumen seperti KTP, foto diri, STNK, foto kendaraan, foto nomor polisi depan, dan foto KIR bagi yang menggunakan KIR.
Terkait isu pembatasan Pertalite, Perwakilan Pertamina menegaskan bahwa tidak ada rencana untuk menghentikan distribusi Pertalite pada 1 September 2024.
“Masyarakat tidak perlu termakan berita hoaks. Pertalite akan terus kami salurkan sesuai kuota yang ditetapkan Pemerintah,” terang Heppy dari keterangan sumber yang sama.