RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) kembali berpartisipasi dalam acara internasional untuk memperkenalkan kebijakan keberlanjutan Pertamina dan mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Binaan masuk ke pasar global melalui WOW Indonesia Festival 2024 di Washington DC, Amerika Serikat, Minggu (25/8/2024).

WOW Indonesia Festival 2024 adalah sebuah perayaan dalam rangka hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat yang mencapai 75 tahun pada tahun 2024, yang diadakan di Pennsylvania Ave NW, 3rd-7th Street, Washington, D.C.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hadir serta membuka acara oleh Pertamina dengan menampilkan program-program berkelanjutan seperti Desa Energi Berdikari, Net Zero Emission, dan memperkenalkan produk-produk UMKM seperti Brand Fashion Cap Bali, Persona Handicraft, Aksesoris Sripala, Perhiasan Mutiara Git Bay, Produk Kecantikan Bali Ayu hingga produk UMKM lainnya.
Menteri Retno memberikan apresiasi kepada Pertamina atas keterlibatan dalam Wow Indonesia Festival 2024 serta program-program yang membantu UMKM untuk mandiri.
“Semoga ke depan agar lebih banyak lagi UMKM yang dibawa Pertamina untuk pameran ke event-event internasional seperti ini,” ujar Retno.
Sejak tahun 1993, Pertamina telah mendampingi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) melalui program pendanaan dan berbagai kegiatan pendampingan.
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengatakan bahwa ajang tentu sangat baik untuk pelaku UMKM dalam mengakses pasar ekspor dunia, salah satunya ke Amerika Serikat.
“WOW Indonesia Festival 2024 ajang yang baik bagi UMKM binaan untuk membuka akses pasar ekspor ke Amerika Serikat,” imbuh Fadjar.
Dalam rangka peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat, Pertamina juga akan mengikuti forum bisnis yang akan diselenggarakan pada Senin, (26/8/2024) di Washington DC.
Sementara itu, CEO of Pertamina New Renewable Energy, John Anis memaparkan capaian-capaian dan peluang kolaborasi Pertamina dalam bidang Energi Baru dan Terbarukan.
“Tujuan dari partisipasi pada forum bisnis ini adalah untuk mendorong serta melakukan pertemuan-pertemuan dengan mitra bisnis untuk penjajakan peluang kerja sama,” tutup Fadjar.
Sebagai perusahaan yang memimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak pada Sustainable Development Goals (SDGs).