RAKYAT.NEWS, MAKASSARPT Pertamina (Persero) terus memperluas program edukasi teknologi energi terbarukan melalui Sekolah Energi Berdikari (SEB) yang dimulai sejak Juni 2023. Program ini telah memberikan pengetahuan kepada lebih dari 4.500 siswa di berbagai kota di Indonesia.

Sebanyak 10 sekolah telah bergabung dalam Program SEB, antara lain SMK Negeri 2 Dumai, SMA Negeri 14 Palembang (Sumatera), SMA Negeri 40 Jakarta Utara, SMK Merdeka Bandung, SMA Negeri 3 Cilacap, SMP Negeri 7 Cirebon, SMA Negeri 14 Semarang (Jawa), SMA Negeri 8 Denpasar (Bali), SMP Negeri 1 Tidore (Maluku), dan SMA Negeri 6 Sorong (Papua).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyatakan komitmen Pertamina dalam mendukung transisi ke energi bersih dengan memberikan edukasi kepada generasi muda, yang merupakan bagian terbesar dari populasi saat ini.

“Edukasi teknologi EBT kepada para siswa sekolah diharapkan akan mendorong percepatan transisi energi sekaligus menanamkan kepedulian lingkungan agar turut aktif berperan mengurangi emisi karbon,” pungkasnya.

Sebagai bagian dari SEB, Pertamina telah memberikan edukasi mengenai Inovasi Teknologi kepada 24 siswa Duta Energi Muda Pertamina di SMA Negeri 14 Palembang. Hal ini dilakukan dalam program Sekolah Adiwiyata pada Kamis (22/8).

Pemaparan mengenai Inovasi Teknologi disampaikan oleh tim Pertamina, diikuti dengan diskusi Kelompok Inovasi Teknologi EBT. Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, menjelaskan pentingnya pengembangan EBT menjadi inovasi teknologi yang bermanfaat luas dan dapat diterapkan di sekolah.

“Harapannya, teman-teman di SMA Negeri 14 Palembang dapat mengimplementasikan semua program yang mereka rancang dan bisa menjadi sebuah best practice untuk teman-teman di kehidupan sehari-hari,” kata Nikho.