RAKYAT NEWS, BONE – Inseminasi buatan untuk meningkatkan kualitas dan produksi peternakan yang didorong Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus dilakukan. Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, memastikan program ini sampai ke masyarakat, khususnya peternak. Program peningkatan produksi dan kualitas peternakan melalui program inseminasi buatan pelayanan kesehatan hewan dan optimalisasi pakan ternak asal limbah pertanian, juga dilakukan di Desa Ajjalireng, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone, Rabu (13/3/2024).

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dibantu oleh Petugas peternakan kecamatan menyuntikkan sperma sapi simental ke ternak warga.

Petugas Peternakan Kecamatan Tellu Siattiange, Sukman menjelaskan terdapat 6.730 ternak sapi di kecamatan tersebut. Ternak diberikan pakan asal limbah pertanian.

“Pakannya berupa batang pisang sama rumput gajah,” ujarnya.

Salah satu warga Saenal mengatakan sangat terbantu dengan adanya program ini.

“Terima kasih atas bantuan ini, saya ada 10 ekor sapi, ada sapi jenis Limosine dan Simental serta Bali, ada juga peranakan,” katanya.

Adapun Penjabat Gubernur Bahtiar menjadikan peningkatan produksi peternakan sebagai salah satu program prioritasnya. Termasuk melalui inseminasi buatan.

Ia juga mendengarkan aspirasi peternak dan petugas peternakan.

“Jadi akan kita berikan ke masyarakat. Yang mau inseminasi buatan, berapa pun diperlukan kita penuhi. Program ini kita jalankan dengan baik,” ujarnya.