RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menilai jika saat ini rakyat Indonesia membutuhkan lebih banyak lapangan pekerjaan.

Ganjar menjelaskan, politik luar negeri dapat menjadi alat untuk memperluas lapangan pekerjaan ini, karena dapat menaikkan rasio investasi RI.

“Rakyat butuh bekerja, rakyat butuh lapangan kerja lebih banyak, investasi harus lebih banyak,” Jelas Ganjar dalam debat ketiga Capres-Cawapres 2024, Minggu (7/1/2023).

Penguatan infrastruktur diplomasi ini diperlukan, kata Ganjar, karena dinilai dapat membereskan sejumlah masalah untuk kepentingan ekonomi nasional.

“Ini penting karena kita perlu untuk memilih, memilah, dan memprioritaskan yang menjadi kekuatan, keinginan, dari bangsa dan negara ini,” tuturnya.

Ganjar menambahkan, jika visi untuk peningkatan infrastruktur diplomasi ini dibutuhkan untuk dapat memberikan jalan para UMKM menuju ke kancah dunia, seperti yang telah ia lakukan di Jawa Tengah ketika masih menjabat menjadi Gubernur.

“Atau barangkali kepentingan UMKM yang mesti kita bawa ke dunia internasional, seperti praktik yang pernah kita lakukan di Jateng dan itu membuat masyarakat akan merasakan politik luar negeri jauh lebih baik,” ujar Ganjar yang mengenakan setelan “Top Gan” bersama Mahfud MD ketika menghadiri acara debat Capres-Cawapres 2024 tersebut.