Ia juga menyinggung kepentingan politikus yang berusaha mendapatkan keuntungan dari penyaluran elpiji. “Kami buka-bukaan saja, disinyalir orang berkuasa dari partai politik banyak yang pegang agen, kalau mau jadi orang kaya jangan makan uang subsidi rakyat, dagang yang lain saja,” katanya pula.

Dalam keterangan resmi yang sama, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menjelaskan Sistem Bukittinggi Hebat merupakan sistem database yang digunakan untuk mempelajari gerak masyarakat di bidang ekonomi, usia, sosial, dan bidang lainnya.

Lewat sistem itu, pemkot bisa mendapatkan data akurat untuk menelurkan program program kemasyarakatan nantinya. Sistem ini akan terintegrasi dengan setiap SKPD.

Selain itu, Sistem Bukittinggi Hebat juga menyediakan informasi layanan untuk masyarakat, serta seluruh aplikasi terkait kegiatan kepemerintahan.

“Masyarakat dan ASN bisa mengakses informasi Kota Bukittinggi melalui Sistem Bukittinggi Hebat,” katanya pula.

Terkait Kartu Bukittinggi Hebat, ia menjelaskan bahwa dengan kartu ini, identitas masyarakat yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dapat diketahui secara langsung.

Barcode yang tertera, dapat discan melalui Sistem Bukittinggi Hebat, sehingga nanti akan keluar informasi terkait penerima bantuan. Apakah yang bersangkutan sudah menerima bantuan sembako atau apa pun bantuan sosial yang disediakan oleh pemerintah.

“Kartu Bukittinggi Hebat ini terintegrasi dengan Sistem Bukittinggi Hebat. Jadi warga yang terdaftar dalam DTKS mendapatkan kartu ini. Sehingga bisa diketahui apakah yang bersangkutan telah menerima bantuan PKH, bantuan lansia, bantuan kesehatan atau apapun bantuan dari pemerintah,” ujarnya lagi.

Kartu Bukittinggi Hebat memiliki tiga fungsi, pertama sebagai akses untuk mendapatkan bantuan kebutuhan dasar seperti sembako dan bantuan langsung tunai.

Kedua, kartu Bukittinggi Hebat mengakses bantuan sosial berbasis pendidikan. Ketiga, kartu Bukittinggi Hebat masyarakat akan mendapatkan akses bantuan sosial di bidang kesehatan.