RAKYAT.NEWS, Teknologi – Tesla menarik 362.758 kendaraan listrik dengan paket eksperimental Full Self-Driving Beta di tengah kekhawatiran bahwa perangkat lunak bantuan pengemudi dapat menyebabkan kecelakaan.

Menurut pemberitahuan penarikan yang diposting oleh National Highway Traffic Safety Administration, sistem FSD Beta dapat menyebabkan kendaraan mengalami kecelakaan dengan memungkinkan kendaraan untuk bertindak tidak aman di sekitar persimpangan.

“Seperti melaju lurus melalui persimpangan saat berada di jalur khusus belok, memasuki persimpangan yang dikendalikan oleh rambu berhenti tanpa berhenti total, atau melanjutkan ke persimpangan selama sinyal lalu lintas berwarna kuning stabil tanpa kehati-hatian yang semestinya,” begitu bunyi pemberitahuan dilansir dari Independent.co.uk, Jumat, 17 Februari 2023.

Pemberitahuan tersebut juga menyatakan bahwa kendaraan mungkin mengalami masalah dalam merespons “perubahan batas kecepatan yang dipasang.”

Perusahaan Elon Musk telah mengizinkan ribuan pemilik Tesla yang memiliki paket tersebut untuk mencoba versi Beta Full Self-Driving yang belum selesai di jalan-jalan di seluruh AS. FSD sekarang dikenakan biaya kepada pemilik Tesla di AS sebesar $15.000 atau $199 per bulan untuk dapat menggunakannya di kendaraan mereka.

FSD Beta adalah sebuah karya yang sedang dikembangkan oleh perusahaan kendaraan listrik dan memberikan pengemudi opsi “autosteer di jalanan kota” yang memungkinkan mobil untuk menavigasi dirinya sendiri dengan cara yang sama seperti yang telah dilakukannya di jalan bebas hambatan.

Tesla akan memperbaiki masalah ini dengan pembaruan perangkat lunak over-the-air gratis untuk semua kendaraan yang terkena dampak, kata pemberitahuan penarikan. Penarikan kembali ini dilakukan setelah para organisator buruh mengklaim bahwa puluhan karyawan di sebuah pabrik di Buffalo, New York, dipecat setelah meluncurkan kampanye serikat pekerja.

Dalam keluhan yang diajukan ke Dewan Hubungan Perburuhan Nasional, Workers United menuduh Tesla memecat lebih dari 30 pekerja dari unit Autopilot sebagai pembalasan atas aktivitas serikat pekerja. Para pekerja terlibat dalam pelabelan video dari kendaraan Tesla untuk meningkatkan sistem Autopilot dan Full Self Driving.