RAKYAT.NEWS, Ekonomi – Buah mangga selalu identik dengan rasa yang manis, tekstur yang lembut serta aroma yang khas. Hampir setiap orang pernah mencicipi rasa dari buah yang sangat mudah ditemukan di setiap daerah di Indonesia. Selain bibitnya yang mudah didapat, harga buahnya pun terbilang cukup murah.

Namun, pernahkan anda mengetahui bahwa ternyata ada buah mangga yang diklaim paling mahal sedunia. Itu adalah mangga Miyazaki. Mangga ini dihargai 2,70 lakh per kilogram di pasar Indonesia. Jika dirupiahkan, harga mangga ini per kilonya adalah Rp50,7 juta.

Bibit manggal itu dipopulerkan oleh sepasang suami istri di Madhya Pradesh, India. Bibit itu  ditanam di kebun mereka di Jabalpur. “Ini seperti jeli. Anda bisa memakannya bersama dengan kulitnya. Daging buahnya meleleh di mulut dan rasanya sangat manis,” Sankalp Singh Parihar menggambarkan mangga Miyazaki dikutip dari Indian Express yang dilansir dari CNN.com, Senin, 6 Februari 2023.

Parihar dan istrinya Rani menjadi berita utama lewat media setempat setelah mereka menyewa penjaga keamanan dan pengawas untuk melindungi kebun mereka di mana pasangan itu menanam pohon mangga Miyazaki, mangga termahal di dunia.

Dilansir dari miyazaki-city.tourism.or.jp, Mangga ini, salah satu buah yang diasosiasikan dengan lokasi tropis. Pertama kali diperkenalkan ke Jepang selama Periode Meiji (1868 – 1912), budidaya penuh buah ini dimulai sekitar tahun 1970. Teksturnya yang lembut, rasa yang harum, dan dagingnya yang berair sangat populer di Jepang.

Namun, rasa manis yang kaya dari mangga Miyazaki akan membuat Anda terpesona dengan rasanya yang tak terlupakan dibandingkan dengan mangga konvensional. Mangga istimewa ini ditanam dengan banyak sinar matahari, memenuhi mulut Anda dengan jus yang kaya setiap kali Anda menggigitnya.