RAKYAT.NEWS, MAKASSARSetara Berdaya Group melalui Alunjiva Indonesia dan Berdaya Bareng menghadirkan Program Maju Bersama Akselerasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Disabilitas, Senin (7/10/2024)

Dalam program ini, Setara Berdaya Group menggandeng PT Pelindo Regional 4 Makassar, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan serta Dinas Sosial Sulsel dalam hal untuk meningkatkan kapastitas para pelaku UMKM penyandang disabilitas.

Co-Founder Alunjiva Indonesia, Fanny Evrita, mengatakan bahwa program ini didesain untuk memberikan pelatihan kewirausahaan kepada pelaku UMKM yang menyandang disabilitas di Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar).

“Program Maju Bersama adalah upaya nyata kami untuk memberdayakan penyandang disabilitas di wilayah Mamminasata,” kata Fanny di All Nite & Day Hotel Makassar, Senin (7/10/2024).

Ia juga mengungkapkan, bahwa Program Maju Bersama ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang digitalisasi usaha, pengelolaan keuangan, strategi pemasaran, dan peluang ekspansi pasar melalui platform digital.

Fanny menjelaskan, bahwa dengan menggandeng dinas pemerintahan setempat hingga BUMN, salah satu fokus utama adalah meningkatkan penjualan dan cakupan pasar UMKM disabilitas sambil meningkatkan kesadaran masyarakat akan kontribusi mereka.

“Kami dari Alunjiva Indonesia mendorong kolaborasi tersebut, makanya kami undang  dari pihak dinas setempat, BUMN hingga pemerintah untuk mendukung bahwa teman-teman disabilitas bisa verdaya jika mereka diberikan kesempatan,”

Tentunya melalui program ini, kata Fanny, dapat memberdayakan 80 persen penerima manfaat melalui peningkatan kapasitas dan kemampuan mereka.

General Manager Pelindo Regional 4, Iwan Sjarifuddin, mengatakan bahwa pihaknya hadir lewat kerja sama dengan Alunjiva Indonesia untuk bisa memberikan pelatihan dan pendampingan kepada teman-teman disabilitas dalam peningkatan kinerja UMKM yang mereka miliki.

“Kami akan berikan pendampiingan-pendampingan kepada para penyandang disabilitas ini untuk meningkatkan kinerja usaha yang mereka punya,” tegas Iwan.