RAKYAT.NEWS. PALOPO – Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, PT PLN (Persero) menyelenggarakan Palopo Green Energy Expo 2024 di Titik Nol, Kota Palopo pada 19-21 September 2024.

Acara ini mengusung tema “Energi Hijau” dengan menampilkan pameran listrik, stan UMKM, dan juga penampilan Superstar Dangdut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ade Chandra, merasa bangga dan bersyukur atas semua upaya yang telah dilakukan oleh semua pihak terkait dalam pembangunan Kota Palopo, terutama oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palopo.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat mendongkrak roda perekonomian di Kota Palopo, terutama bagi pelaku UMKM,” kata Ade.

Expo ini berlangsung selama tiga hari dengan berbagai stan, termasuk pameran listrik, otomotif, dan 50 stan UMKM. Di Pameran Listrik, terdapat berbagai stan, seperti stan mobil listrik dan stan peralatan listrik rumah tangga.

Tidak hanya warga Kota Palopo, antusiasme juga datang dari Luwu, Bone, dan Bulukumba yang memadati lokasi acara.

Salah satu pengusaha UMKM, Bang Kumis, yang menjual minuman dengan mesin kopi listrik di kedainya, mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 Palopo karena penjualannya meningkat berkat Expo ini.

“Saya berjualan kopi selama tiga hari berturut-turut dalam PLN Expo ini. Alhamdulillah, pengunjung di tenant saya sangat banyak, sampai penuh terus. Terima kasih banyak PLN. Semoga acara seperti ini sering-sering diadakan,” jelasnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Budiono, menyatakan bahwa Palopo Green Energy Expo 2024 memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengajak masyarakat turut serta dalam upaya mengurangi emisi karbon demi menjaga lingkungan dan mengatasi dampak perubahan iklim.

“Kami lakukan berbagai kampanye dan aksi nyata dalam transisi energi untuk memastikan generasi mendatang lebih baik dari generasi saat ini,” ujar Budiono.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami, mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam mempromosikan transisi energi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional dan diadakan oleh PLN UP3 Palopo.

“Masyarakat mungkin saat ini sudah merasakan dampak dari kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal ini disebabkan oleh pemanasan global, antara lain akibat gas rumah kaca, penggunaan bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi, deforestasi, serta Fenomena El Nino,” terangnya.

PLN juga saat ini telah melaksanakan transisi energi dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Sidrap dan Jeneponto, serta masih banyak lagi,” lanjut Rathy.

Rathy juga mengungkapkan, bahwa PLN berhasil memasarkan 459 unit Renewable Energy Certificate (REC) atau setara dengan 459 Megawatt Hour (MWH) selama acara berlangsung.

“Alhamdulillah, melihat banyaknya masyarakat yang berdatangan ini juga meningkatkan penjualan dari tenant yang telah kami hadirkan pada expo ini, terutama para pelaku UMKM. Kami berharap setiap masyarakat mendukung PLN dan Pemerintah untuk menggunakan peralatan listrik (non-gas) dalam kehidupan sehari-hari guna mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060,” tutup Rathy.