RAKYAT NEWS, SELAYAR – Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang dipusatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar juga menghadirkan pameran produk unggulan UMKM dari 24 kabupaten kota, yang dilaksanakan di Lapangan Pemuda Benteng.

Usai melepas peserta dan pengundian doorprize Jalan Santai dan Selayar Harkopnas Run 2024, Sabtu, 14 September 2024, Penjabat Gubernur Prof Zudan, meninjau stand kabupaten kota.

Stand pertama yang didatangi Prof Zudan adalah milik tuan rumah, Kepulauan Selayar. Disini, ia melihat hasil kerajinan pengrajin besi di Selayar berupa parang, serta kerajinan dari batok kelapa. Iapun mengapresiasi kreatifitas para pengrajin di Kepulauan Selayar.

“Luar biasa ya hasil kerajinannya,” kata Prof Zudan.

Iapun membeli kenari yang telah dikupas, dan dikemas dalam plastik. Lalu membagikannya kepada para pengunjung, yang bukan berasal dari Selayar.

Dalam kesempatan ini, Prof Zudan juga mengunjungi stand milik Institut Teknologi, Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM). Di stand ini menampilkan sejumlah produk hasil kreativitas mahasiswa. Diantaranya, keripik pepaya Lokajaha.

Prof Zudan langsung mencoba produk tersebut, juga meminta kepada Bupati Selayar Basli Ali dan pimpinan OPD yang mendampingi untuk ikut mencicipi.

Iapun membeli produk tersebut dalam jumlah yang cukup banyak, dan meminta mahasiswa ITSBM yang menjaga stand untuk membagikan ke pengunjung.

“Saya beli, tolong ya dibagikan ke pengunjung yang datang kesini,” ucapnya.

Prof Zudan mengapresiasi produk-produk UMKM dari 24 kabupaten kota. Sekaligus berharap agar produk-produk tersebut dikembangkan, dan bisa menembus pasar global.

“Produknya harus dikembangkan, kemasannya dipercantik lagi, promosinya dikencangkan lagi,” pesan Prof Zudan.