RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan PT PLN (Persero) menyelenggarakan PLN Mobile Sulbar Run 2024 di Anjungan Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sabti 21 September 2024.

Acara lari ini mengangkat tema “Power Up Renewable Energy” dan terbagi dalam kategori 5K. Sebanyak 1.000 slot peserta sudah terjual habis.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Junda Maulana, M.Si, menjelaskan bahwa PLN Mobile Sulbar Run 2024 menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-20 Provinsi Sulawesi Barat.

“Kami memberikan apresiasi kepada PLN atas kolaborasi yang dihadirkan dalam acara ini. Ini sejalan dengan tema HUT Provinsi Sulbar tahun ini yang mengusung konsep ekosistem hijau dan ekonomi biru, serta program percepatan transisi energi dari PLN ke Energi Baru Terbarukan,” kata Junda.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Budiono, menegaskan komitmen PLN dalam mendorong transisi energi melalui kegiatan ini.

“Tidak hanya akan mendapatkan pengalaman lari yang seru, setiap peserta juga akan mendapatkan paket perlengkapan lari, meliputi jersey, medali, dan nomor peserta. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan kupon undian untuk berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik, seperti motor listrik dan hadiah menarik lainnya,” ujar Budiono.

Budiono juga menekankan partisipasi peserta dalam mendukung penggunaan energi bersih dengan membeli satu unit Renewable Energy Certificate (REC), yang mewakili penggunaan satu Mega Watthour (MWh) energi listrik dari Energi Baru Terbarukan (EBT).

Selain menunjang gaya hidup sehat, PLN Mobile Sulbar Run 2024 dijadikan sebagai sarana untuk mengajak masyarakat turut serta dalam upaya mengurangi emisi karbon dan melindungi lingkungan dari dampak perubahan iklim.