RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Inggris membuka peluang kerja sama dalam bidang pertanian dan pertambangan bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel)

Hal tersebut disampaikan Direktur Pembangunan Kedutaan Inggris, Amanda McLoughlin kepada Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, usai melakukan pertemuan di Hyatt Place Hotel di Makassar, Selasa (3/9/2024).

Amanda McLoughlin menuturkan, bahwa diskusinya dengan Sekda Sulsel membahas terkait bagaimana Sulsel harus bisa memainkan peran sebagai provinsi yang menjadi pintu gerbang kawasan Indonesia Timur.

“Tadi diskusi yang sangat penting dengan Bapak Sekda berbicara mengenai provinsi bagian timur Indonesia dan bagaimana Sulawesi Selatan itu bisa memainkan peran sebagai provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia. Kami juga membicarakan terkait sektor pertanian, sektor komoditas dan bagaimana komunitas internasional seperti Inggris bisa bekerjasama dan mensuport Sulawesi Selatan dalam pembangunan ekonomi,” ucapnya didampingi Faye Belnis, Juru Bicara UK Embassy.

Pertemuan itu, lanjut Amanda, juga membicarakan mengenai bagaimana komunitas lokal di Sulsel bisa membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Terkait dengan peluang kerjasama, Amanda menjelaskan, pihaknya akan sangat senang bekerja sama dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Terlebih lagi, di Sulsel ada perusahaan tambang seperti PT Vale yang telah menjalankan aktivitas bisnisnya dengan baik dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Sulsel.

“Terkait potensi kolaborasi dengan Provinsi Sulawesi Selatan, kami juga berbicara terkait PT Vale, dimana ada keterlibatan Inggris disitu, dan PT Vale sudah melakukan hal yang sangat bagus sekali dalam sektor keberlanjutan pembangunan ekonomi terutama di sektor pertambangan. Dan langkah yang diambil PT Vale juga bisa dicontoh oleh perusahaan-perusahaan Inggris lainnya,” jelasnya.

Amanda juga menambahkan, dalam beberapa minggu ke depan UK Embassy akan mendatangkan Menteri Pembangunan Inggris yang baru, Annaliese Dodds ke Sulsel untuk melihat dan mempelajari sektor pembangunan ekonomi berkelanjutan dan bagaimana Inggris bisa membantu di sektor ini.