RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengapresiasi Pemerintah Inggris terhadap responnya atas potensi pertanian dan pertambangan yang dimiliki Sulsel.

Apresiasi tersebut disampaikan Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, usai melakukan pertemuan dengan Direktur Pembangunan Kedutaan Inggris, Amanda McLoughlin, di Hyatt Place Hotel di Makassar, Selasa (3/9/2024).

Tidak hanya terhadap potensi daerah, Jufri Rahman juga mengatakan, kepedulian Pemerintah Inggris terhadap peningkatan perekonomian masyarakat Sulsel juga cukup besar.

Bahkan, kata Jufri Rahman, Pemerintah Inggris akan mendatangkan salah satu menterinya ke Sulsel untuk melanjutkan pembicaraan terkait kemungkinan kerjasama.

“Mereka akan datang lagi dengan menterinya. Tadi dia datang ke Kabupaten Maros, dia mengapresiasi langkah Bupati Maros keberpihakannya kepada pemberdayaan masyarakat, UMKM dan seterusnya. Dia juga mempertanyakan potensi di Sulsel. Saya sudah jelaskan potensi nikel, potensi tambang,” kata Jufri Rahman, usai pertemuan.

Oleh karena itu, kata Jufri Rahman, pihak pemerintah provinsi akan membuka lebar peluang investasi bagi para investor dari Inggris yang akan berinvestasi di Sulsel.

Dalam pertemuan itu juga, kata Jufri Rahman, Pemerintah Inggris, melalui Amanda memberikan saran kepada Pemerintah Sulsel terkait keterlibatan masyarakat lokal yang berada di kawasan pertambangan secara aktif agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan perusahaan tambang.

“Amanda memberi saran kepada kita bagaimana pelibatan masyarakat lokal di sekitar kawasan tambang itu dilibatkan secara aktif oleh para penambang atau perusahaan tambang itu. Sehingga, mereka itu bisa terbebas dari kemiskinan. Nah, karena itu saya tanya kalau menurut Amanda apa sarannya? Katanya kalau begitu pelibatan masyarakat lokal sekitar tambang itu harus dilibatkan lebih aktif oleh para perusahaan tambang, sehingga itu akan mereduksi kemiskinan dan nanti membangun rasa memiliki juga,” ucapnya.