RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pemerintah berencana untuk meluncurkan secara terbatas 3 aplikasi layanan publik INA Digital.

Menteri PAN-RB, Azwar Anas, mengatakan bahwa ketiga aplikasi tersebut adalah INA-Gov, INA-Pas, dan INA-Ku. Rencananya, peluncuran akan dilaksanakan minggu ke-4 bulan September 2024.

“Alhamdulillah, keterpaduan layanan digital pemerintah Indonesia ini akan segera menjadi nyata. Setelah ratusan rapat kita lewati, insyaallah budaya silo dan ego sektoral telah kita hadapi demi mencapai Keterpaduan Layanan Digital. Inilah saya kira pondasi awal Jalan Tol Pelayanan Publik melalui transformasi digital pemerintah telah kita kerjakan,” kata Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2024) mengutip detikcom.

INA-Gov akan menjadi portal administrasi pemerintahan yang akan menyediakan berbagai layanan bagi para aparatur negara.

Fitur-fiturnya mencakup melihat profil ASN, menetapkan sasaran kinerja, media pembelajaran, layanan kenaikan pangkat dan mutasi, serta pemberhentian.

INA-Ku, di sisi lain, merupakan portal layanan publik yang akan mengintegrasikan berbagai layanan seperti kesehatan, bantuan sosial, dan layanan BPJS Kesehatan.

Terdapat 19 fitur awal yang akan ada dalam aplikasi INA-Ku, di mana masyarakat dapat mengakses program-program seperti Kartu Indonesia Pintar untuk sektor pendidikan.

“Kemudian administrasi pemerintahan itu mulai perubahan pendidikan, cetak KK, cetak biodata WNI, perubahan golongan darah, surat keterangan pindah, pindah pecah KK, kelahiran WNI belum ada NIK, kelahiran WNI sudah ada NIK, itu di kependudukan,” papar Azwar Anas.

Untuk layanan kesehatan, masyarakat bisa menggunakan aplikasi INA-Ku untuk mengakses informasi seputar rawat inap di rumah sakit, imunisasi, serta sertifikat vaksin. Selain itu, layanan dari BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan juga akan tersedia melalui aplikasi ini.

Sementara INA-Pas akan memberikan identitas digital terpadu kepada masyarakat dengan skema single sign-on. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi kunci utama dalam menyatukan berbagai sistem aplikasi.