RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Presiden Terpilih Prabowo Subianto berencana untuk membangun infrastruktur yang akan menghubungkan wilayah utara dan selatan Bali.

Menurut Luhut, fokus pembangunan di Bali saat ini terutama terpusat di wilayah selatan. Hal ini karena wilayah tersebut dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai yang banyak dikunjungi wisatawan asing.

Luhut optimis bahwa pemerintah akan terus meningkatkan pembangunan di Bali. Selain itu, Luhut menyatakan bahwa Prabowo akan membangun jalan tol dan moda transportasi LRT di Bali.

“Presiden terpilih juga punya rencana untuk menghubungkan Bali Utara dengan Bali Selatan, dan kita juga akan membangun jalan, mungkin jalan tol,” ujar Luhut dalam acara International Quality Tourism Conference 2024, Kamis (29/8/2024) mengutip CNNIndonesia.

Selain itu, pembangunan LRT bawah tanah di Pulau Dewata juga sedang digodok oleh pemerintah untuk menghubungkan bandara di Bali.

“Studi sedang berlangsung sekarang, dan kami juga meminta Bank Dunia untuk melakukan studi tentang LRT bawah tanah, dari bandara, bandara Bali,” pungkasnya.

Luhut melanjutkan, bahwa pemerintah juga berencana untuk memperkenalkan kendaraan listrik lebih banyak di Bali, baik mobil maupun motor. Semua kendaraan berbasis listrik akan didorong untuk digunakan di Bali.

“Kendaraan listrik, kita akan promosikan itu. Baik mendorong sepeda motor EV, dan juga mobil EV di Bali. Dan sekarang kita rencanakan, kita buat, kita atur jadwalnya untuk ini,” imbuhnya.

Di sisi lain, pemerintah juga akan menerbitkan aturan baru terkait kunjungan wisatawan asing di Bali guna mengatasi dampak negatif dari lonjakan jumlah turis yang mengganggu kesejahteraan warga lokal.

Lonjakan kunjungan turis asing di Bali, meskipun memberikan potensi ekonomi yang besar, juga menimbulkan sejumlah masalah seperti berkurangnya ruang hunian bagi warga lokal.