Anda dapat menganalisa serta hitung jenis pasar seperti apa yang cocok dengan produk Anda. Jangan lupa untuk membuat data target konsumen secara spesifik. Semakin detail dan mengerucut target pasar Anda, kemungkinan semakin mudah Anda menyasar mereka.

5. Terapkan Riset Kompetitor

Pada tahap cara mulai berbisnis online yang tidak dapat Anda lewatkan adalah riset kompetitor. Hal tersebut diperlukan untuk mempelajari kekuatan dan kelemahan dari pesaing Anda.

Anda dapat memanfaatkan beberapa cara untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan pesaing. Misalnya dengan melihat website kompetitor, sosial media, review produk konsumen, hingga melakukan testi produk pesaing secara langsung.

6. Pilih Model Bisnis

Cara memilih model bisnis misalnya, Anda ingin membuka toko online shop tapi tidak mempunyai uang untuk melakukan stok barang. Jika kondisinya seperti ini, cara membuka toko online shop tanpa modal adalah dengan memilih bisnis model dropshipping/reselling.

7. Lakukan Promosi

Pasca menentukan model bisnis dan media pemasarannya, Anda dapat melakukan proses promosi. Banyak sekali metode promosi yang dapat Anda lakukan baik itu berbayar atau gratis. Misalnya dengan strategi organik, SEM, SEO, hingga Social Media Ads.

8. Pertahankan Pelanggan Setia

Disamping harus terus mencari konsumen baru, Anda juga harus mempertahankan pelanggan setia agar tetap puas. Beberapa cara guna mempertahankan relasi dengan konsumen misalnya dengan memberikan diskon, menawarkan harga promo, bertanya kabar, hingga pemberian bonus tak terduga.

Demikian pembahasan tentang cara membuka toko online dari rumah serta memulai bisnis online dari nol.  Jika Anda melakukan seluruh cara di atas dengan benar, bisnis online Anda dijamin akan mempunyai banyak peminat dan tentunya menghasilkan laba tinggi. Selamat mencoba!

Baca Juga : Tokopedia Naikkan Biaya Layanan Merchant Mulai Awal Tahun Depan