Sementara, Gubernur BNM, Shamsiah Yunus mengungkapkan kerja sama ini mewujudkan visi ASEAN untuk menciptakan jaringan pembayaran lintas batas yang lebih cepat dan efisien serta mampu mendukung kemajuan digitalisasi dan integrasi keuangan yang bermanfaat bagi pembangunan ekonomi di kawasan.

 

Managing Director MAS, Ravi Menon menganggap kerja sama ini menjadi momentum penyelarasan inisiatif G20 dengan upaya ASEAN dalam mengatasi isu pembayaran lintas batas, mendukung upaya pemulihan ekonomi pascapandemi, membuka kesempatan usaha, dan mendorong pertumbuhan yang lebih inklusif.

 

Sedangkan Deputi Gubernur BSP, Mamerto E. Tangonan yang hadir mewakili Gubernur BSP, Felipe M Medalla menambahkan bahwa semakin menyadari tingginya ketergantungan ekonomi di kawasan, semakin perlu upaya bersama untuk mewujudkan visi interkonektivitas ASEAN.

 

Terakhir, Deputi Gubernur BOT, Ronadol Numnonda yang mewakili Gubernur BOT Sethaput Suthiwartnarueput juga turut menyampaikan bahwa ASEAN saat ini telah menjadi hotspot global dalam interkonektivitas pembayaran lintas batas.

 

Lebih jauh lagi, konektivitas pembayaran kawasan akan membuka jalan bagi transformasi digital ASEAN dan memperdalam integrasi keuangan kawasan.