RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Solo dan Bali akan menjadi pilihan Apple untuk membangun Artificial Intelligence (AI) Center.

Luhut menyebut ketertarikan itu datang usai CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu (17/4/2024). Selain sepakat membangun Apple Developer Academy, Luhut juga mengklaim Apple tertarik mendirikan AI Center di Bali dan Solo.

“Dia (Tim Cook/Apple) sangat tertarik dengan ibu kota negara (IKN Nusantara), itu juga yang menarik. Dia bilang, ‘Kami (Apple) mau investasi, terutama dalam bidang AI di IKN’,” klaim Luhut dalam akun Instagram pribadinya, Kamis (18/4/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

“‘Dan juga (Apple) tertarik dengan Al Center di Bali dan Solo’,” sambungnya.

Luhut mengatakan Apple menangkap peluang investasi di dua wilayah tersebut. Itulah yang menjadi alasan Cook Cs berniat menggarap AI Center di Bali dan Solo.

Sang menko marves merinci sejumlah aspek ekonomi Indonesia yang menjanjikan bagi Apple. Aspek itu antara lain; penduduk yang melimpah hingga 282 juta orang, pertumbuhan ekonomi yang stabil, bagusnya aspek makroekonomi, serta inflasi yang baik.

“Juga melihat down streaming industri yang kita miliki sekarang ini, dengan hilirisasi ini, dan raw material yang kita miliki. Mereka (juga) melihat Indonesia itu sebagai negara yang sangat baik,” tuturnya.

“Tinggal kami dan tim menggodok ini. Saya berharap dalam beberapa waktu ke depan kita akan bertemu teknis dengan tim dari Apple,” imbuh Luhut.

Apple berencana menanamkan investasi di Indonesia. Kesepakatan investasi Apple menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita adalah pembangunan infrastruktur pendidikan, yaitu Apple Developer Academy. Perusahaan asal AS itu berjanji menanamkan modal Rp1,6 triliun di Indonesia.