RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, bakal ditunjuk menjadi koordinator Investasi Apple di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu berkaitan dengan permintaan Jokowi kepada CEO Apple Tim Cook agar raksasa teknologi dari AS itu ikut berinvestasi dalam pengembangan Smart City di IKN.

“Teknisnya (kesepakatan investasi Apple di IKN) di Kementerian. Nanti bapak Presiden menugaskan Pak Luhut sebagai Koordinator,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/4/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Agus menyebut, permintaan investasi Smart City IKN itu akan menarik bagi Apple sebab Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi perusahaan Apple.

Saat ini, Agus menjelaskan Apple memberikan investasi unik dalam bentuk pembangunan Apple Developer Academy di empat kota. Total investasi seluruh pusat pengembang itu mencapai Rp1,8 Triliun.

Namun di sisi lain, pemerintah menurutnya juga meminta Apple untuk membangun pabrik manufaktur atau menggunakan komponen asli Indonesia atau TKDN dalam produksi Apple.

Sebab Indonesia per 2023 tercatat sudah mampu memproduksi 50 juta unit handphone. Dengan kemampuan itu, ia berharap Apple mempertimbangkan konsep business matching yakni dengan menyesuaikan produk atau komponen Indonesia dengan spek dari Apple.

“Berdasarkan dari kesepakatan antara Indonesia dengan Apple antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemenperin dengan Apple untuk mereka bisa mendapatkan nilai 35 persen. Jadi basisnya adalah investasi,” ujar Agus.

Adapun sampai saat ini, produsen iPhone masih belum membuka pabriknya di Indonesia. Sementara, jenama HP lain sudah memiliki pabrik perakitan di dalam negeri.

Saat ini, hampir semua Hp yang dijual di Indonesia harus dirakit di dalam negeri untuk memenuhi aturan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN. Namun, hanya iPhone yang masih diimpor utuh.