RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Program makan siang gratis Capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan dihitung bulan depan di penganggaran APBN 2025.

Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, makan siang gratis itu masih sebatas program saja. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menghitung hasil suara Pemilu dan belum menetapkan pemenang Pilpres 2024.

“Kan ini nanti masih di dalam program. Kalau detail, ya kita lihat di dalam pembahasan mengenai pagu indikatif masing-masing kementerian/lembaga,” kata Sri usai rapat kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/2/2024).

“Ini nanti kita lihat dari existing program dengan apa yang akan masuk baru. Itu nanti akan dihitung dalam sebulan ke depan,” sambung dia.

Sri menekankan bahwa Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Jokowi awal pekan ini hanya membahas postur RAPBN 2025 dalam bentuk range. Rapat detail akan dilakukan Maret mendatang.

Ia mengatakan pemerintah masih menghormati proses pemilihan umum yang sedang berjalan. Rapat tentang program-program presiden berikutnya digelar setelah ada keputusan KPU.

“Bulan depan nanti kita fokusnya lebih kepada pagu indikatif dan program-program prioritas seiring nanti KPU sudah memutuskan siapa pemerintahan yang official memenangi pemilu,” ucapnya.

Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia mengungkapkan, topik pada rapat kabinet yang diadakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama seluruh menteri hari ini salah satunya adalah seluruh program calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto.

“Secara umum bahwa program-program prioritas presiden terpilih Pak Prabowo dan Mas Gibran itu sudah akan diakomodir, supaya di saat 2025 itu langsung running, langsung jalan,” ujar Bahlil setelah rapat.

Jokowi mengadakan sidang kabinet tersebut dengan salah satu fokus rapat adalah RAPBN 2025 yang mempertimbangkan program presiden berikutnya.