RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus memperkuat penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon termasuk penguatan SDM. Upaya tersebut salah satunya dengan menyelenggarakan Lokakarya dan Pelatihan (Lokalatih) Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon dalam rangka Pencapaian Target Nationally Determined Contribution (NDC).

Lokalatih yang berlangsung mulai tanggal 19-24 Februari 2024 ini diikuti 98 orang Aparatur Sipil Negara yang berasal dari Eselon I lingkup KLHK.

Lokalatih tersebut diisi dengan materi terkait manajerial, teknis dan sosio kultural, berupa teori, diskusi dan menelaah berbagai dokumen terkait Nilai Ekonomi Karbon.

“Melalui lokalatih ini, saya berharap kita semua dapat lebih memahami Kebijakan strategis dan operasional penyelenggaraan NEK untuk mendukung pencapaian NDC dan pengendalian emisi GRK dalam rangka mendukung pembangunan nasional,” ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya saat membuka lokalatih di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Lebih lanjut, Siti menyampaikan bahwa dengan tingginya euforia dan minat masyarakat terhadap Nilai Ekonomi Karbon, perlu diberikan informasi regulasi dan kebijakan serta implementasinya dengan baik dan benar oleh para pengampu atau regulator.

Disamping itu, perlunya dijaga masuknya konsep-konsep implementasi ekonomi karbon yang belum sesuai dengan kebijakan dan standard nasional, yang perlu terlebih dahulu disesuaikan atau kompatibel untuk tetap selaras dengan kepentingan nasional.

Kondisi ini, diungkapkan Menteri Siti merupakan kesenjangan dan dirasakan oleh entitas publik dan swasta yang membutuhkan informasi, regulasi dan praktik-praktik terbaik di lapangan terkait dengan Nilai Ekonomi Karbon.

Oleh karenanya, komunikasi dan untuk menjangkau lebih banyak pemangku kepentingan maka perlu memanfaatkan berbagai media.

“Selain itu, kita di KLHK perlu melibatkan semua level ASN untuk berperan aktif dalam berbagai fungsi dan perannya, terutama dalam pelibatan berbagai mitra pemangku kepentingan,” katanya.