RAKYAT.NEWS, DENPASAR – Pada tahun 2023, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berhasil melebihi target realisasi penyerapan anggaran hingga 97,56% dari target 95%.

“Tahun kemarin, capaiannya luar biasa. Di samping kita bisa memenuhi target Pak Menteri dan target Pak Presiden untuk melakukan realisasi penyerapan anggaran di atas 95%, dan kita mencapai 97,56%,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana di Aryaduta Hotel, Kota Denpasar, Rabu (17/1/2024).

Suyus juga memastikan bahwa kegiatan yang sudah terealisasi, seluruhnya akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Tapi tentunya yang harus dipastikan oleh kita semua adalah semua kegiatan yang sudah kita lakukan di tahun 2023 adalah seluruhnya akuntabel. Jadi saya ingin nanti audit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, red) yang sedang berjalan, pastikan semua realisasi- realisasi yang sudah mencapai target, tolong disiapkan pertanggungjawabannya,” kata dia.

Selain memastikan kegiatan yang akuntabel, ia juga menegaskan bahwa penggunaan anggaran juga harus berdampak kepada masyarakat. “Saya akan memastikan juga apakah penggunaan anggaran itu berdampak kepada masyarakat atau tidak. Akan saya evaluasi,” kata Suyus.