RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pemerintah akan menggandeng Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) untuk menyokong pedagang pasar go digital.

Langkah yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas) tersebut untuk melatih dan mengedukasi cara berjualan online ke pedagang pasar.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI di Hotel MG Setos, Semarang, Zulhas menyampaikan harapannya agar para pedagang di pasar tradisional bisa mengikuti ekonomi digital.

“Tugas kita bersama APPSI mau latih pedagang pasar agar nggak gaptek, bisa juga (jualan) online,” ujarnya, Selasa (19/12/2023).

Dalam rapat yang mengambil tema ‘Mengokohkan Peran APPSI dalam Mendorong Regulasi Perlindungan dan Pemberdayaan Pedagang Pasar Guna Mempertahankan Eksistensi dan Daya Saing Pasar Rakyat’ tersebut, Zulhas menilai digitalisasi pasar rakyat menjadi suatu keharusan di tengah kemajuan teknologi.

“Karena kemajuan teknologi nggak mungkin kita lawan. Itu semua nanti (go) online, digital,” tegasnya.

Maka dari itu, dia meminta agar pedagang pasar dapat mengikuti tren penjualan secara online. Sehingga mereka tidak hanya mengandalkan penjualan konvensional saja.

“Mau nggak mau kita harus ikutin, termasuk pedagang pasar. Masyarakat kan maunya telepon, barang sudah datang,” pungkas Zulhas.

 

(rn/cnn)