RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (UID Sulselrabar) berkomitmen di tahun 2024 agar seluruh desa di Sulawesi Barat (Sulbar) bisa merasakan listrik. Hal itu disampaikan pada saat pertemuan dengan PJ Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan Arif Fakhrulloh di Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu, 9 September lalu.

Dari pertemuan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar berkomitmen akan membantu PLN UID Sulselrabar dalam melistriki seluruh desa di Sulawesi Barat agar bisa menikmati listrik di rumah-rumah mereka.

PJ Gubernur Sulawesi Barat berjanji, pihaknya akan mendukung seluruh aktivitas yang dilakukan PLN, termasuk berkoordinasi dengan Menteri Kehutanan.

“Kami akan membantu berkoordinasi dengan Menteri Kehutanan agar PLN dapat memperoleh akses di wilayah yang memerlukan perizinan. Kita ingin di tahun 2024 seluruh desa dapat terlistriki secara total, jadi total 100% seluruh desa mendapatkan listrik PLN,” ujar Zudan.

Manager PLN UP3 Mamuju, Manihar Hutajulu mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk membangun kolaborasi antara PLN dengan Pemprov Sulbar dalam berbagai hal terkait dengan kelistrikan, termasuk kendala terkait akses di wilayah hutan lindung, serta lahan.

“Ini juga menjadi tantangan terkait bagaimana kami mendapatkan perizinan, terutama di akses kehutanan, apalagi banyak kawasan Sulbar masih dalam status hutan lindung. Ada 24 desa yang rencana akan diselesaikan dan termasuk dalam rencana kerja di tahun 2024” ujar Manihar.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan bahwa komitmen PLN untuk mengalirkan listrik ke seluruh desa di Sulbar, sejalan dengan usaha untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi.

Pencapaian Rasio Elektrifikasi PLN di Propinsi Sulawesi Barat sampai dengan Juli 2023 adalah 89,77%, sedangkan Rasio Desa Berlistrik PLN di Sulbar adalah sebesar 96,45%.