RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Agusman dan Hasan Fawzi resmi ditunjuk menjadi anggota baru Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) oleh Komisi XI DPR RI setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test, Senin, 10 Juli 2023.

Agusman akan menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan.

Kemudian, Hasan Fauzi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto.

“Agusman dan Hasan Fawzi, masing-masing menyampaikan pandangannya itu yang terbaik. Kita memilih sesuai musyawarah mufakat, tidak ada voting,” ucap Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Dolfie Othniel Frederic Palit dilansir dari CNNIndonesia.com.

Kedua nama di atas merupakan bagian dari empat nama yang sebelumnya diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun dua nama lainnya yang tak terpilih adalah Adi Budiarso dan Erwin Haryono.

Adi semula merupakan calon Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan.

Sedangkan, Erwin sebagai calon Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto.

Agusman diketahui saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Audit Internal Bank Indonesia (BI). Sementara Adi Budiarso menjabat sebagai Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan (PKSK), Badan Keuangan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Lalu, Hasan Fawzi menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Erwin Haryono menempati posisi Kepala Departemen Komunikasi BI.