RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Bahan Bakar Minyak (BBM) Bioetanol merupakan bahan bakar jenis baru yang berasal dari campuran Pertamax dengan oktan 92 dan etanol 5 persen tersebut nantinya akan diberi nama Pertamax Green 95 dengan RON 95.

Nama bahan bakar baru jenis tersebut terungkap setelah sejumlah akun media sosial mengunggah foto Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang mencantumkan nama Pertamax Greem 95.

“Iya (benar Pertamax Green 95),” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso dilansir dari CNNIndonesia.com.

Namun, Fadjar mengatakan produk BBM baru itu belum dijual. “Belum, sepertinya itu untuk persiapan launching,” katanya.

Sebagai tahap awal, Pertamax Green 95 akan dijual di Surabaya. Fadjar melanjutkan, Surabaya dipilih sebagai lokasi awal penjualan Pertamax Green karena dekat dengan pabrik etanol di Mojokerto. Rencananya, produk itu akan tersedia dulu di 10 SPBU di Surabaya.

“Nanti ada di beberapa SPBU di Surabaya tahap awal. Karena dekat pabrik etanol di Mojokerto,” katanya.

Soal harga, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati membocorkan kisaran harga bahan bakar minyak (BBM) jenis bioetanol akan sama seperti bensin beroktan 95. Meski demikian, ia tidak merinci harga BBM RON 95 mana yang dimaksud.

“Jadi itu RON 95. Nanti kisaran harganya sama dengan RON 95,” ucapnya.

Pertamina pernah memiliki produk BBM beroktan 95, yakni Pertamax Plus. Namun, BBM tersebut sudah tak dijual di SPBU sejak 2016 karena pada tahun yang sama Pertamina mengeluarkan produk BBM baru dengan oktan yang lebih tinggi.

Saat ini yang menjual produk BBM beroktan 95 adalah Shell dengan Shell V Power, Vivo dengan Revvo 95, dan BP dengan BP Ultimate.