RAKYAT.NEWS, Makassar- Perpustakaan Bank Indonesia (BI) Sulsel gelar seminar Literasi Digital bertajuk Library Talks (Libtalks) dengan menggandeng  penulis Dewi ‘Dee’ Lestari, berlangsung

Senin, 27 Februari 2023, di Hotel Claro, Makassar. Tujuan kegiatan ini  untuk membangkitkan gairah literasi secara massif.

Selain penulis Dewi ‘Dee’ Lestari, dua pembicara lainnya yang hadir adalah Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, M. Firdaus Muttaqin, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Deni Kurniadi. Ketiganya sukses memukai 250 orang tamu undangan yang terdiri dari Kepala Dinas seluruh wilayah Sulawesi Selatan, Kepala Sekolah seluruh SMA se-Makassar serta para pustakawan dan pegiat literasi yang hadir.

Di kesempatan ini, Dewi ‘Dee’ Lestari membahas literasi dari sisi kepenulisan. Menurutnya, kepenulisan penting untuk meningkatkan kualitas literasi masyarakat.

“Bagaimanapun juga, apa yang bisa kita baca kalau tidak ada tulisan yang bisa kita nikmati. Nah, untuk itu mari kita belajar satu langkah lebih maju, untuk menulis lebih baik,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri materinya, Dewi banyak berbagi cerita dan beberapa tips agar lebih produktif dalam menulis fiksi.

Sementara itu, M. Firdaus Muttaqin, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya dari BI untuk membangkitkan gairah literasi masyarakat Indonesia, terkhusus daerah Sulawesi Selatan.

“Artinya dari upaya kami, agar bisa teman-teman (bekerja sama dengan BI) selain mendorong (masyarakat) untuk membaca, juga bisa mendorong masyarakat untuk menulis. Karena menulis itu merupakan upaya untuk mengungkapkan pikiran kita, juga pendapat kita secara baik dan benar,” jelas Firdaus.

Ditambahkan, kegiatan ini hanyalah salah satu dari sekian program BI dalam memajukan dunia literasi Indonesia. Beberapa program literasi BI lainnya yakni, Festival Literasi yang rutin digelar sebelum pandemi Covid-19, kemudian ada juga lomba-lomba perpustakaan, lomba penulisan sinopsis dan berbagai lomba literasi lainnya.