Takalar, Rakyat News – Aplikasi Sistem Informasi dan Pelayanan Manajemen (Smile) Aparatur Sipil Negara (ASN) resmi diluncurkan oleh Bupati Takalar sebagai aplikasi manajemen ASN pertama di Kabupaten Takalar.

Launching ini disertai dengan ekspose oleh Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Takalar di Kenari Tower, Makassar, Jumat (20/9) pagi.

Aplikasi ini untuk mempermudah dan mempercepat proses layanan kepegawaian dilingkup Pemerintah Kabupaten Takalar termasuk untuk pengukuran kinerja seluruh ASN di Kabupaten Takalar.

“Salah satu fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah e-Kinerja, dan ini merupakan salah satu syarat untuk pembayaran TPP kedepan. Ini juga bagian rekomendasi korsubda KPK bahwa ketika kita ingin membayarkan TPP maka harus ada aplikasi yang mendukung e-Kinerja sehingga kita luncurkan aplikasi e-Kinerja ini.”ucapnya Plt Kepala BKPSDM Takalar Rahmansyah Lantara.

Aplikasi Smile ini merupakan produk asli dari BKPSDM Takalar, namun untuk saat ini masih memerlukan penyempurnaan aplikasi dan sosialisasi kesetiap kecamatan dan setiap OPD serta pelatihan pada admin-admin di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Takalar.

“Di targetkan penggunaannya akan rampung paling lambat akhir tahun ini, dan semoga tahun depan pembayaran TPP untuk setiap ASN sudah dapat dilakukan.”ungkapnya Kepala BKPSDM Takalar

Di pihak Pemerintah Takalar yakni Bupati Takalar H.Syamsari,S.Pt.,MM sangat mengapresiasi aplikasi smile ini, Bupati menyampaikan bahwa ini merupakan sebagai inovasi yang sesuai dengan perkembangan Informasi dan Teknologi (IT).

“Ini sebuah proyek perubahan yang update sesuai zamannya, dan itu semua kita perlu berikan apresiasi, “relevan dengan perkembangan zaman. Hal seperti ini akan sangat dibutuhkan dan mereka yang tidak relevan terhadap situasi dan kondisi sesuai dengan perkembangan IT maka kedepan mereka akan ketinggalan.”tegasnya Bupati H.Syamsari