Jipa menceritakan bahwa sebelumnya ia harus mengeluarkan biaya Rp210 ribu per bulan hanya untuk menyalakan genset dari pukul 18.00 hingga 22.00.

Kini, dengan listrik menyala 24 jam, ia hanya perlu membayar sekitar Rp50 ribu per bulan. Listrik juga dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga lainnya, seperti mengoperasikan pompa air, kulkas, dan mendukung proses belajar anak-anak.

Dahulu, para nelayan harus menempuh perjalanan sejauh 12,4 km ke daratan Pangkep hanya untuk membeli es batu sebelum melaut.

Dengan kehadiran listrik, mereka kini dapat menggunakan freezer untuk menyimpan ikan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tiara, warga lainnya, juga merasa terbantu oleh SuperSUN dari PLN. Ia memulai usaha kecil-kecilan menjual makanan dan minuman dingin.

“Dengan adanya listrik 24 jam, kami bisa memulai usaha kecil dan menambah peralatan elektronik seperti kulkas untuk menyimpan bahan makanan. Usaha kami kini bisa meraup omzet Rp80 ribu bahkan paling besar bisa sampai Rp 250 ribu per hari,” jelasnya.

Selain itu, listrik juga berperan dalam peningkatan sektor kesehatan. Siti Farida, bidan Puskesdes Pulau Laiya, mengungkapkan bahwa sebelumnya suplai listrik hanya mengandalkan genset yang menyala tiga jam per hari.

“Pernah ada kejadian di malam hari, saat seorang warga terluka dan kami harus menjahit lukanya dengan penerangan senter karena tidak ada listrik,” jelasnya.

Kini, dengan hadirnya listrik dari PLN, layanan kesehatan menjadi lebih baik.

Pada kesempatan lain, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Budiono, menyampaikan komitmen PLN untuk terus mewujudkan keadilan energi di seluruh Indonesia, termasuk wilayah 3T.

“SuperSUN adalah wujud keseriusan PLN dalam mewujudkan listrik berkeadilan bagi seluruh masyarakat. Kami optimis, upaya ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Budiono.