RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Region X Makassar mencatat pertumbuhan kinerja yang solid hingga bulan Agustus 2024, didukung oleh bisnis gadai dan cicil emas (Cilem) yang semakin menonjol.

CEO BSI Region X Makassar, Sukma Dwie Priardi, menyatakan bahwa kinerja yang solid ini menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap BSI, yang merupakan hasil dari upaya literasi dan inklusi keuangan syariah yang terus dilakukan oleh perusahaan.

“Upaya BSI yang gencar melakukan literasi dan inklusi keuangan syariah ini mendorong kepercayaan masyarakat untuk semakin mengakses layanan perbankan syariah dari BSI. Hal ini berdampak positif terhadap kinerja kami. Kinerja baik yang kami capai di wilayah Makassar sangat didukung oleh pertumbuhan pembiayaan gadai dan cicil emas, ” kata Sukma.

Pembiayaan Cilem hingga bulan Agustus mencapai Rp309,75 miliar, mengalami pertumbuhan pesat sebesar 300,21% dibanding tahun sebelumnya. Sementara itu, pembiayaan gadai mencapai Rp1,32 triliun, naik 23,23% secara tahunan.

Emas tetap menjadi pilihan investasi yang diminati masyarakat karena dianggap aman dan dapat melindungi nilai aset dari inflasi. Kondisi makro yang tidak menentu, seperti penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, membuat harga emas cenderung meningkat, dengan kenaikan sekitar 26,2% dalam setahun terakhir.

Sukma menekankan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari fokus perusahaan pada produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Pertumbuhan ini menunjukkan tingginya kepercayaan dan minat masyarakat terhadap produk syariah dari BSI.

“Kami terus memprioritaskan produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Gadai dan Cilem adalah salah satu contohnya,” ujarnya.

Market cicil emas (Cilem) di Makassar menarik berbagai kalangan masyarakat, bukan hanya pedagang dan pengusaha, tetapi juga ibu rumah tangga, pegawai negeri, pegawai swasta, dokter, dan orang-orang profesional lainnya. Produk Cilem dianggap sebagai alternatif investasi yang aman dan menguntungkan bagi komunitas pengusaha dan pedagang di Makassar.

“Kami melihat animo yang tinggi terhadap cicil emas dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari ibu rumah tangga hingga kalangan profesional. Ini membuktikan bahwa produk syariah seperti gadai dan cicil emas dapat diakses oleh semua kalangan,” beber Sukma.

Total pembiayaan BSI Region X Makassar di segmen retail mencapai Rp16,05 triliun hingga Agustus 2024, dengan pertumbuhan 18,53% secara tahunan.

Tabungan Haji Bertumbuh

Pertumbuhan juga terjadi dalam penghimpunan dana haji, dimana total tabungan haji yang terkumpul mencapai Rp1,05 triliun per Agustus 2024, naik 8,05% dari awal tahun. Jumlah akun mencapai 430.053.

BSI Region X Makassar juga berhasil meningkatkan penghimpunan dana pihak ketiga menjadi Rp11,58 triliun hingga Agustus 2024, mengalami kenaikan sebesar 32,97% secara tahunan. Dana murah atau CASA mencapai Rp9,46 triliun, tumbuh 38,32% dibanding tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, strategi yang tepat dan kepercayaan nasabah menjadi kunci kesuksesan BSI.

“Pertumbuhan ini mencerminkan kepercayaan nasabah yang terus meningkat terhadap produk dan layanan kami. Kami akan terus fokus pada inovasi dan kepuasan pelanggan untuk mempertahankan momentum positif ini,” tutupnya.