RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Kadin Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie akhirnya bertemu setelah adanya kontroversi Munaslub Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Dalam Munasbul tersebut, Anindya terpilih sebagai Ketua Umum Kadin disebut ilegal oleh pihak Arsjad.

Pertemuan antara keduanya diatur oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia. Yang dimana, Ia berharap agar Arsjad dan Anin dapat berdamai.
“Hari ini saya bertemu dengan dua sahabat saya, Pak Arsjad dan Pak Anin, dua-duanya sudah insaf untuk menjalankan organisasi yang baik. Mereka sudah paten dan saling memafkan, kami pikir Kadin ke depan menjadi harus menjadi lebih dan kami semua harus menjaganya,” ujar Bahlil seperti dikutip Rakyat.News dari unggahan salah satu akun Instagram Bahlil @melangkahdaritimur.id pada Jumat (27/8/2024).
Dalam video tersebut, Arsjad menyatakan kebahagiaannya atas pertemuan dengan Anin dan Bahlil. Ia menyebut, bahwa mereka sedang mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi Kadin setelah Munaslub.
“Saya sangat senang sekali bisa bersama-sama dengan pak menteri dan sahabat saya Mas Anin, mencari jalan suatu proses yang di mana kita melihat yang lebih besar itu bagaimana kadin bersatu dan ke depannya lebih baik untuk bangsa Indonesia,” ucap Arsjad.
Di sisi lain, Anindya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada menteri Bahlil karena telah mengadakan pertemuan tersebut, yang tidak lain untuk kemajuan Kadin kedepannya.
“Terima kasih pak menteri, terima kasih pak Arsjad, mudah-mudahan Kadin semakin maju dan apa yang kita buat selama ini sudah baik dan sama-sama bertiga kita bikin lebih baik lagi,” terangnya.
Oleh karena itu, Bahlil yang juga merupakan Ketua Umum Golkar tersebut juga berharap agar Kadin dapat berkembang lebih baik ke depan.
“Mereka berdua ini sahabat sebenarnya, cuma kemarin ada yang tukang goreng. Tapi saya yakinlah mereka berdua ini dewasa untuk kebaikan Kadin, rakyat, bangsa dan negara,”

“Kadin satu ga boleh dua, setuju gak?,” tanya Bahlil yang kemudian diikuti dengan jawaban “Setuju,” oleh Arsjad dan Anin.
Meskipun begitu, dalam video itu ketiganya tidak mengungkapkan hasil pertemuan tersebut, terutama terkait siapa yang akan menjadi Ketua Kadin setelah Munaslub menunjuk Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum.