RAKYAT.NEWS, NUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan seremoni pembangunan atau groundbreaking d’prima Hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (25/9/2024).

Jokowi menegaskan, bahwa membangun ibu kota tidak mudah, terutama di Indonesia yang begitu besar. Ia juga menyoroti berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi.

“Membangun rumah saja begitu rumit sangat rumitya, apalagi ini membangun sebuah ibu kota negara. Negara sebesar Indonesia. Bukan sesuatu yang gampang dan mudah, (karena) tantangannya dan hambatannya juga banyak” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga menuturkan bahwa dalam proses pemindahan Pegawai Negeri Sipil ke IKN memerlukan perhitungan yang baik.

“Kita mau memindahkan PNS kita, ASN kita ke sini aja kita semua harus berhitung. Tidurnya di mana, anak-anaknya sekolah di mana, kalau sakit rumah sakitnya siap atau tidak siap, Sabtu-Minggu kalau weekend anak-anak diajak bermain ke mana, inilah ekosistem yang ingin kita bangun,” ujar Jokowi.

Jokowi menilai, bahwa peluang bisnis di Ibu Kota Nusantara akan semakin besar, terutama dengan tersedianya Bandara Nusantara yang sudah beroperasi.

“Saya meyakini dengan kemarin sudah dibukanya airport Nusantara, sudah saya coba sendiri turun di runaway yang meskipun belum maksimal akan selesai nanti di bulan Desember, saya melihat bahwa prospek dari sisi ekonomi, bisnis di ibukota Nusantara ini sangat terbuka lebar,” terangnya.

Oleh karena itu, kata Jokowi dengan adanya hotel d’prima ini dapat menambah pilihan penginapan bagi pengunjung di IKN. Ia juga memberikan apresiasi atas pembangunan d’prima Hotel.

“Saya sangat mengapresiasi d’prima hotel ini, budget hotel yang akan memiliki 154 kamar dengan investasi 100 miliar. Kita harapkan segera selesai,” imbuhnya.