RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan seremoni pembangunan (Groundbreaking) sekolah internasional Australia Independent School (AIS) Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

Jokowi menyatakan, bahwa AIS Nusantara akan menyediakan kelas mulai dari pra-sekolah hingga tingkat SMA.

“Pembangunan kampus AIS Nusantara ini dibangun di atas lahan 7.900 meter persegi dan siap menampung kurang lebih 750 siswa, dari mulai preschool sampai ke jenjang high school SMA,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan bahwa AIS Nusantara juga akan memiliki berbagai fasilitas pendukung yang memenuhi standar internasional, termasuk ruang kelas dan fasilitas lainnya.

“Fasilitasnya lengkap berstandar internasional, ruang belajarnya juga berstandar internasional dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini soccer, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan bulu tangkis, lapangan voli, kolam renang semi olympic dan auditorium berkapasitas 250 orang,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Negara tersebut menegaskan bahwa kehadiran AIS Nusantara di IKN merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menyediakan fasilitas pendidikan bermutu internasional di IKN.

“Saya berharap AIS dengan reputasi dan rekam jejak selama 28 tahun di bidang pendidikan dapat betul-betul menyelenggarakan pendidikan berkelas dunia di IKN ini,” tegasnya.