RAKYAT.NEWS, JAKARTAGojek Indonesia mengonfirmasi bahwa Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto telah meminta bantuan mereka untuk terlibat dalam program Makanan Bergizi Gratis (MBG). Peran mereka dalam program ini adalah sebagai penyalur kepada orang-orang yang membutuhkan.

Presiden Gojek Unit bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo, menjelaskan bahwa saat ini mereka sedang melakukan uji coba untuk penyaluran program tersebut.

“Sekitar beberapa bulan yang lalu kami sempat diminta gitu oleh Bapak Presiden terpilih untuk membantu melihat mencarikan salah satu potensi bentuk solusi untuk makan bergizi gratis yang untuk anak-anak sekolah,” kata Catherine dalam acara HubTalks, Hub Space 2024, Sabtu (7/9) mengutip detikfinance.

Menurut Catherine, uji coba ini telah berlangsung selama dua bulan terakhir dan masih terus dilakukan hingga saat ini. Tujuannya adalah untuk menemukan metode yang tepat dalam menyalurkan MBG agar bantuan tersebut sampai tepat pada sasaran.

“Jadi kita sudah sekitar dua bulan lebih itu kita ada proyek pilot, masih uji coba Ini masih uji coba hingga hari ini menggunakan ekosistem Gojek,” pungkasnya.

Dalam proses uji coba ini, Gojek telah memilih mitra UMKM terdekat dengan sekolah-sekolah untuk menjadi pemasok MBG. Kemudian, ojek daring akan mengirimkan makanan tersebut ke sekolah-sekolah.

Catherine mengakui bahwa mereka menemui beberapa kendala selama uji coba ini, terutama mengingat setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda.

“Kita pembelajaran juga untuk pemilihan UMKM, sertifikasinya seperti apa. Kita bekerja sama juga dengan pemerintah melalui BKI untuk melakukan merchant certification,” ujar Catherine.

“Jadi sertifikasi dari mitra UMKM supaya mereka lebih layak lagi untuk higienitas, food safety, dapurnya seperti apa. Itu kita membuatkan program juga,” tambahnya.