RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, memastikan bahwa Presiden Jokowi akan segera pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada awal September 2024.

Basuki menyatakan bahwa Jokowi akan segera pindah ke IKN setelah pembangunan Bandara Nusantara selesai. Saat ini, landasan pacu bandara baru sepanjang 1.100 meter dari panjang target sementara 2.200 meter karena cuaca yang tidak mendukung.

“Kalau yang saya tahu programnya Pak Presiden, kalau nanti bandaranya beroperasi di minggu pertama September, beliau pindah,” ungkap Basuki dilansir Kumparan, Jumat (23/8/2024).

Menurut Basuki, Kementerian PUPR akan memeriksa kemajuan proyek Bandara IKN minggu depan. Dia memastikan bahwa landasan pacu yang seharusnya selesai sebelum perayaan HUT RI, akan rampung pada minggu pertama September 2024.

“Jadi mungkin kalo 2.200 meter sekitar target hitungannya kalau tidak ada hujan, 2.200 itu tanggal 2 September. Jadi kita hitung terus, kalau runway selesai 2 hari kita pasang lampu-lampu semua sehingga bisa dimanfaatkan pada minggu pertama,” jelas Basuki.

Selain bandara, dia juga memastikan bahwa fasilitas lainnya sudah siap untuk kedatangan Jokowi beserta menteri-menteri dan 1.700 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah disiapkan oleh MenPAN-RB.

Persiapan lainnya mencakup Kantor Presiden, tempat tinggal presiden di Istana Negara, 14 unit rumah tapak menteri yang sudah siap ditempati, rumah ASN, serta kantor untuk Kementerian PUPR dan Otorita IKN.

“Saya nanti ke sana. Saya kan sudah punya kantor sementara bersama antara PU dengan OIKN di Galeri UMKM, di atas itu ada, itu sementara,” imbuhnya.

Basuki menambahkan bahwa menteri-menteri lain akan menggunakan gedung Kemenko sebagai tempat berbagi kantor. Setiap kementerian tetap akan memiliki area yang terpisah berdasarkan lantai.