RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa acara peletakan batu pertama atau groundbreaking di IKN akan dilakukan pada bulan September 2024, yang akan mencakup pembangunan hotel dan sport center.
Basuki menegaskan bahwa acara groundbreaking tersebut akan melibatkan 7 investor dari berbagai sektor, termasuk pendidikan, hotel, properti, dan sport center. Meski begitu, ia tidak merinci nilai investasi ini

“Ada 7 investor yang mau groundbreaking (di IKN). Sekolah pendidikan, hotel, properti, sport center,” ujar Pria yang disapa Pak Bas ini dilansir dari Kumparan, Rabu (21/8)..

Basuki juga menjelaskan, bahwa jumlah investasi yang telah masuk ke IKN sebesar Rp 56 triliun. Sebelumnya, acara groundbreaking IKN pada 12 Agustus 2024 melibatkan 4 investor.

Keempat investor tersebut antara lain yaitu BCA, PT Intiland Development Tbk (DILD), PT Hotel Papua Internasional, dan Royal Golden Eagle (RGE) Group.

“Ini terus berjalan. September groundbreaking swasta yang terus,” terangnya.

Basuki menambahkan, bahwa jumlah 220 dari 472 pihak yang menandatangani surat minat investasi (Letter of Intent) atau LoI pada akhirnya adalah investor. Sementara selebihnya merupakan kontraktor, supplier, dan konsultan.

“Yang 220 (LoI) dievaluasi, ada 60 yang memang mau investasi. Dari 60 ini sudah saya petakan lagi, kemarin sudah 5 investasi yang bulan depan. Mudah-mudahan ada 7 atau 8 lagi nanti terus akan bertambah,” imbuhnya.

Kemudian Basuki menilai, jika dibandingkan dengan anggaran dari APBN senilai Rp 85 triliun, jumlah investasi yang telah masuk ke IKN sebesar Rp 56 triliun merupakan hal yang wajar, mengingat investor tidak ingin melihat pembangunan IKN bergantung pada utang terlebih dahulu.