RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Dana Moneter Internasional (IMF) melaporkan dalam World Economic Outlook pada bulan April 2024 bahwa tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 5,2 persen, yang merupakan yang tertinggi di antara enam negara lain di kawasan Asia Tenggara yang terdaftar.

Angkat tersebut tetap stabil dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun mengalami sedikit penurunan yakni 0,1 persen.

Mengutip CNNIndonesia.com, selain Indonesia, Filipina menempati posisi kedua dengan tingkat pengangguran 5,1 persen, diikuti oleh Brunei Darussalam dengan 4,9 persen, Malaysia 3,52 persen, Vietnam 2,1 persen, Singapura 1,9 persen, dan Thailand 1,1 persen.

Thailand juga mencatatkan tingkat pengangguran terendah di dunia, mengalahkan Singapura, Jepang, serta Amerika Serikat (AS).

Sementara itu, negara dengan tingkat pengangguran tertinggi adalah Sudan dengan angka 49,5 persen, diikuti oleh Afrika Selatan 33,5 persen, dan Georgia 15,7 persen.

IMF menjelaskan bahwa tingkat pengangguran (unemployment rate) dihitung sebagai persentase dari angkatan kerja yang sedang aktif mencari pekerjaan.

Dalam penghitungannya, orang-orang usia produktif yang sedang tidak mencari kerja, seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, dan orang yang tidak lagi mencari pekerjaan, tidak termasuk dalam kategori pengangguran.