RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – PT PLN bersama Rumah BUMN membimbing para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membuat desain kemasan yang mampu meningkatkan harga jual produk, Jumat (12/7/2024).

Kegiatan ini berlangsung di tiga lokasi, yaitu Rumah BUMN Majene, Muna, dan Muna Barat. Dalam hal ini, Sugeng Untung hadir sebagai pembicara.

Sugeng merupakan expertise bidang desain produk. Ia menyampaikan tentang bagaimana desain suatu produk mampu menarik minat konsumen. Menurutnya, banyak produk kuliner tradisional khas daerah yang berpotensi untuk dipasarkan, tapi belum dikemas dengan baik.

”Setiap daerah memiliki kuliner tradisional khas yang layak jual. Sebagian sudah dikemas, tetapi kemasannya belum melindungi kualitas produk atau tampilannya kurang menarik di mata konsumen,” jelas Sugeng.

”Dengan adanya bimbingan teknis, sekaligus konsultasi desain ini, harapannya dapat memberikan wawasan tentang strategi branding yang tepat kepada para pelaku UMKM, khususnya dalam hal desain kemasan,” imbuhnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan, para pelaku usaha diharapkan mampu mengimprovisasi kemasan produk untuk meningkatkan nilai jual.

“Kami optimis dengan improvisasi kemasan dapat memberikan manfaat secara ekonomi dengan meningkatkan nilai jual produk,” ujar Andy.

Asri Gaha, salah satu pelaku UMKM yang juga turut hadir pada pelatihan, mengaku mendapat banyak pengetahuan desain produk dan itu membantunya untuk berimprovisasi sesuai selera pasar.