MAKASSAR – Bupati Luwu Timur (Lutim), Budiman menyampaikan apresiasinya kepada PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) yang telah meluncurkan kembali Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) melalui Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) PT Vale periode 2023-2027, yang berlangsung di Gedung Wanita Simpurusiang, Malili, pada Sabtu (11/03/2023).

 Baca Juga : PLN Tambah Pasokan Listrik di Smelter PT HNI, jadi Terbesar di Sulawesi

Peluncuran program tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Director Technology PT Vale, Jinan Syakir  dengan Bupati Luwu Timur, dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Eksternal PT Vale, Endra Kusuma dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Luwu Timur (Lutim), Halsen . 

Penandatanganan disaksikan oleh Forkopimda Lutim, termasuk camat dan Lurah, serta pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) se-Lutim. 

Program PPM-PKPM 2023-2027 merupakan lanjutan dari Program PPM-PKPM 2018-2022.

Budiman mengapresiasi Program PPM-PKPM PT Vale yang berjalan dengan baik dan berharap program ini lebih baik lagi di periode mendatang, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program ini sangat bagus dan tetap kita sempurnakan. 36 desa dan dua kelurahan di empat kecamatan ini harus lebih meningkat,” jelasnya.

Selain itu, Budiman juga mengakui bahwa PT Vale telah membangun berbagai macam fasilitas di Luwu Timur, mulai dari fasilitas olahraga hingga fasilitas untuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Menurutnya, fasilitas tersebut harus diumumkan sehingga masyarakat mengetahui bahwa PT Vale telah berkontribusi besar di Luwu Timur. 

“Di Sulsel ini, kalau tidak salah hanya Vale yang punya program ini, dan program ini sangat bagus,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan, program-program  yang telah dijalankan oleh PT Vale tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Lutim yang meningkat.