RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Bea Cukai Makassar berkolaborasi dengan Bank Mandiri Region X Sulawesi dan Maluku, Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Selatan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam kegiatan Cerita Ekspor “Next Level” di Malino, Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa, 7-8 Juni 2024.

Agenda ini dikemas dalam beberapa kegiatan yang akan menstimulus peserta UMKM menjadi UMKM Ekspor. Bea Cukai Makassar mempunyai komitmen untuk memajukan industri dalam negeri.

Kegiatan ekspor masih menjadi salah satu sumber devisa dan proses bisnis UMKM yang menjadi salah satu pendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang efektif. Salah satu langkah kongkrit yang telah dilaksanakan untuk mendukung hal tersebut adalah melalui Program Export Assistance yang dijalankan oleh Bea Cukai Makassar.

“Dengan sinergi antara lembaga pemerintah yang berwenang dan lembaga keuangan terkemuka, UMKM dapat memperoleh dukungan yang diperlukan untuk mengatasi tantangan ekspor dan menuju ke level Go Export,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Ade Irawan.

Pada sesi Talkshow UMKM Malino Bisa Ekspor, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai, Ria Novika Sari bilang bahwa program ini dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan dan digunakan sebagai wadah konsultasi, berbagi strategi, dan menemukan solusi untuk menghadirkan UMKM Go Export dengan daya saing tangguh di pasar internasional.

Dalam sesi talkshow tersebut, membahas seputar peranan Export Assistance Bea Cukai Makassar dalam memberikan pengenalan dan pelatihan terkait kegiatan ekspor, perizinan berusaha bagi UMKM, strategi pengembangan produk dan perizinan ekspor komoditi pertanian dan perkebunan, serta layanan perbankan dan konsultasi bagi pelaku UMKM oleh Bank Mandiri. Selain itu, juga ada pengenalan dan kurasi produk seluruh peserta UMKM.