RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani akan keluarkan anggaran sebesar Rp40,6 triliun pada 2024 untuk kebut pembangunan Ibu Kora Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“IKN akan dialokasikan untuk tahun 2024 sebesar Rp 40,6 triliun,” ujar Sri Mulyani, Rabu (29/11), dikutip dari detikFinance.

Mulai dari peruntukkan pembangunan jalan tol, pembangunan kantor kementerian dan rumah susun ASN di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP), rumah tapak pejabat negara, hingga infrastruktur ketenagalistrikan.

Sementara itu secara luas anggaran untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia tahun depan mencapai Rp423 triliun.

“Rp 423 triliun ini terutama untuk infrastruktur prioritas nasional. Seperti ICT, energi, pangan, dan konektivitas, dan pembangunan infrastruktur di IKN,” sebut Sri Mulyani.

Anggaran pembangunan IKN untuk tahun ini sendiri ditetapkan sebesar Rp 29,3 triliun. Anggaran digunakan untuk dua hal, untuk urusan pembangunan infrastruktur dasar Rp 26,3 triliun.

Sisanya, Rp 3 triliun untuk urusan non infrastruktur. Seperti untuk perencanaan bangunan, pemetaan lahan, pengamanan, dan lain sebagainya.