Jakarta, Rakyat News – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim 98,4% bantuan sosial (bansos) terdistribusikan tepat sasaran ke warga. Ia mengatakan, 1,6% bansos yang tidak tepat sasaran itu juga telah dikembalikan ke Pemprov DKI Jakarta, di Balai Kota, Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Saat ini Pemprov DKI telah mendistribusikan bansos yang telah diserahkan ke 1,2 juta warga Ibu Kota.

“Tapi, kami bersyukur bahwa 98,4% terdistribusi dengan baik, tapi biasanya yang 98,4% enggak jadi berita,” kata Anies melalui telekonferensi di Balai Kota, Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Anies menjelaskan, mayoritas bansos yang tidak tepat sasaran itu banyak yang salah alamat, diberikan kepada orang yang mampu, hingga warga yang sudah meninggal dunia.

“Itu semua menjadi bahan untuk koreksi dalam distribusi yang berikutnya,” ujar Anies.

Anies menerangkan, jumlah penerima bansos diperkirakan jauh lebih banyak karena adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebab itu, Pemprov DKI tengah mendata segmen masyarakat yang bukan miskin, tapi terdampak adanya pandemi Covid-19.

“Dari DKI nanti memberikan bingkisan bantuan sosial menjelang Idul Fitri yang nanti proses eksekusinya akan dilakukan sekitar seminggu dan 10 hari sebelum lebaran. Bantuan sosial ini ditujukan untuk menjangkau masyarakat lebih banyak daripada yang pertama,” tuturnya.

Sumber : Okezone
Editor : Mustakim